Rabu, 28 Oktober 2015

Belajar Menulis FF dengan Wiro... Ups... Beach Writing dan Mak Carolina Ratri, Gaes!

Haii ...

Gaes, Salam Sumpah Pemuda!!

Yoi, semangat donk, karena masih semangat banget, saya ingin berbagi cerita lagi nih, masih tentang dunia kepenulisan.
Pernah nggak sih di tanya, nulis itu mudah atau susah? 
Jawabnya, MUDAH. Ya menulis memang mudah, tapi untuk menulis yang 'Baik' mungkin memang perlu waktu untuk belajar. Seperti halnya saya, yang saat ini masih terseok-seok belajar bagaiana menulis yang baik. Akhir-akhir ini saya masih dibingungkan dengan Fiksi Mini dan Flash Fiction. Mungkin di cerita Beach Writing sebelumnya sudah saya singgung tentang FM. Dan saatnya sekarang kita bahas tentang FF.


Jujur saja, saya baru mengenal FF belum lama, salaman juga baru kemarin aiihh... !Itu aja dikenalin sama dua kompors BW, siapa lagi kalau bukan Kak Diyar Rahardia juga Kak Liek yang kemudian mengajak saya 'sowan' gratisan dengan Emaknya FF, Mak Carolina Ratri. Tentu di sana saya tidak sendirian, selain para kompors, saya dan Ephy (adek saya) juga ada  BW crew yang masih tetep gokil ( Kak Diah, Puspa, Kak Day). Meski nggak semua ikut siih..., mereka rela 'mramek' dengan gaya backpaker ke jogja. Saluut!


Pertemuan yang super singkat itu sudah membuat saya menggebu-gebu. Yach, cerita yang kubuat ternyata masih jauh dari goal FF. Jadi revisi lagi dan banyak masukan dari Mak Ratri. Keren deh pokoknya.

Oh ya, jadi FF itu layaknya cerita pendek, tapi lebih  pendek lagi. Kisaran dibawah 1000 karakter. Semakin pendek cerita semakin bagus, asalkan tetap memenuhi pokok cerita. Dan yang paling penting nih... harus ada 'lekukan' alias twist... yang menggebrak. Hampir sama seperti FM. Cerita dalam FF tidak perlu bertele-tele, jadi langsung pada intinya. 

Contoh FF saya belum bisa di post ya gaes, nanti deh menyusul karena menyangkut kepentingan publikasi kan ya... :)

Sabar... 

Dan Ofcourse... pertemuan singkat ini bukan tanpa direncana. Kami janji ketemuan di Legend Cafe Jogja dan saya memang agak kurang beruntung karena datang terlambat. Saya kebagian sesi ngobrol paling akhir dan melewatkan tips-tips seru menulis FF. Ah..., tapi tidak masalah karena di blog Kompor sebelah sudah ada ulasannya.

So what? 
Let's do! Menulis sajalah, tidak perlu pusing dan takut salah, karena kita punya banyak kawan yang pastinya akan membantu kita membenahi keterbatasan jiaah... makanya rajin-rajin gaul aja sama komunitas penulis, biar pada tahu info keren dan ilmu yang superb.

Oks... !!

Maaf Late post :D


4 komentar:

  1. Hasyek ... Aku juga terus belajar Kak Mells. Hihihi

    BalasHapus
  2. "Let's do! Menulis sajalah, tidak perlu pusing dan takut salah, karena kita punya banyak kawan yang pastinya akan membantu kita membenahi keterbatasan "
    Gue suka pernyataan ini, he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kak diyar yang udah ngajari saya dan ngenalin sama orang2 keren :) semoga sy juga bisaah...

      Hapus